PERAN LINGKUNGAN DALAM MENGELOLA SUATU BISNIS

 Assalamualaikum Teman-teman Blogger....

Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat yaa...

Nah, diblog kali ini aku akan membahas tentang Peran Lingkungan dalam Mengelola suatu Bisnis. Loh,, Apa Hubungannya lingkungan sama bisnis? 

nah, penasaran kannn? tak perlu lama-lama yukss kita bahasss,,, let's goo...


Sampai saat ini masih banyak sebagian besar pebisnis yang menyepelekan lingkungan bisnis. Padahal,  lingkungan bisnis yang baik dapat mempengaruhi kinerja bisnis itu sendiri. Pada dasarnya, lingkungan bisnis merupakan nilai keseluruhan dari individu, institusi, maupun kekuatan lain yang berasal dari luar kontrol  perusahaan, tetapi perusahaan masih bisa bergantung pada mereka karena mereka sudah mampu mempengaruhi performa perusahaan dan keberlanjutan perusahaan. 

Hal-hal yang membentuk lingkungan bisnis yaitu, kompetitor, pemasok, media, kelompok pelanggan, pelanggan, pemerintah, kondisi pasar, kondisi ekonomi, teknologi, pemodal, tren, dan beragam pihak lain yang berasal dari luar perusahaan. 

Maka, mempertimbangkan dan memahami lingkungan bisnis harus menjadi prioritas utama bagi para pelaku bisnis. Karena, hal ini dapat memberikan pengaruh pada kesuksesan, skala, visi, hingga strategi dalam pengembangan sebuah bisnis. Setelah pelaku bisnis memiliki pemahaman terkait dengan dampak baik dan buruk lingkungan bisnis pada perusahaan,maka nantinya mereka dapat menciptakan strategi yang penting untuk mengendalikan situasi dan kondisi yang tidak mampu diprediksi. 

Selain itu, pemahaman dan kesadaran akan lingkungan juga harus dimiliki oleh setiap pelaku bisnis. Karena, jika pemahaman kurang akan berpotensi adanya kegagalan bisnis dan tidak mampu bertahan lama dipasar. Begitu juga sebaliknya, jika memahami  akan hal ini maka akan berpotensi mendatangkan banyak manfaat. Seperti :

1. Membantu Mengidentifikasi Peluang Bisnis

Sebagai pelaku bisnis kta harus mampu mengidentifikasi perubahan apa saja yang dapat dimanfaatkan dan juga memanfaatkannya sebagai suatu alat dalam menyelesaikan permasalahan bisnis yang ada. 

Selain itu, pelaku bisnis mampu memahami dan mampu memindai peluang pada lingkungan bisnis juga bisa lebih cepat dalam mendapatkan manfaat yang maksimal. Sehingga, bisa jauh beberapa langkah ke depan kompetitornya. 

Contohnya : jika dulu masyarakat indonesia kesulitan dalam mendapatkan layanan Ojek, yang harus pergi ke pangkalan ojek untuk bisa mendapatkannya. Hal ini disadari oleh Gojek, sehingga mereka membuat layanan Gojek online agar memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan gojek, dan bisa mengatasi permasalahan tersebut. 

2. Memanfaatkan sumber daya dengan baik

Kemampuan pemindaian yang cermat terhadap lingkungan, maka perusahaan dapat terbantu dalam hal memanfaatkan sumber daya yang diperlukan bisnis. Selain itu dapat membantu perusahaan melacak ataupun memantau sumber daya untuk diubah menjadi produk barang atau jasa.

3. Menghadapi Perubahan

Menyadari adanya perubahan dalam lingkungan bisnis, maka akan membantu perusahaan dalam memberikan respon yang tepat dalam menangani perubahan tersebut.

4. Bantuan dalam Perencanaan 

Perencanaan yang dilakukan dengan benar adalah perencanaan yang berlaku dalam jangka pendek, jangka menengah atau jangka panjang. Ketika ada masalah atau peluang dalam lingkungan perusahaan, maka sebagai pemilik bisnis Anda bisa menentukan rencana yang tepat untuk mengatasinya dan memecahkan masalah tersebut atau mengubahnya menjadi peluang bisnis

5. Membantu Bisnis Meningkatkan Performanya

Dengan kemampuan beradaptasi terhadap kekuatan eksternal, maka akan membantu perusahaan dalam meningkatkan performanya dan bertahan lama dipasar.

6. Mengidentifikasi Ancaman dan Sinyal Peringatan Dini

Kemampuan pemindaian dan memahami lingkungan bisnis secara tepat waktu akan lebih mudah dalam mengatasi kendala atau kebijakan yang negatif.



Dari manfaat diatas, tentang mengapa kita perlu mempertimbangkan lingkungan  dalam mengelola bisnis, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa lingkungan bisnis yang sehat harus diciptakan, bukan hanya didambakan. Untuk mewujudkan hal tersebut maka kita harus memahami lingkungan bisnis seperti apa sih yang sehat, Yaitu lingkungan bisnis yang bersifat Dinamis, yang senantiasa melakukan pembaharuan dengan senantiasa mengikuti perkembangan terkini mengenai industri bisnis yang ditekuni dan menyesuaikan diri. Selain itu, lingkungan bisnis juga memuat aspe-aspek penerapan dan perencanaan yang sangat kompleks karena kita harus melibatkan setiap pihak yang berkaitan dengan perusahaan. Dengan begitu tidak tidak boleh bersikap egois dengan hanya mementingkan pihak yang pro terhadap keputusan yang kita ambil. 

Selain itu, lingkungan bisnis yang sehat juga mampu menampung setiap sudut pandang, ide, gagasan, opini, maupun pemikiran yang terlahir dalam benak orang-orang yang terlibat didalamnya mengenai situasi atau kondisi tertentu.

Contohnya : Sebuah perusahaan yang terhambat akibat adanya peraturan terkait impor sebuah produk yang dikeluarkan oleh pemerintah. Dengan demikian, hal ini akan mempengaruhi produktivitas dari sebuah perusahaan tersebut dalam menghasilkan produk serupa. Tetapi perusahaan tersebut terus melakukan langkah extra karena bersaing dengan produk luar dan juga berusaha untuk menarik minat konsumen dalam membeli produknya. Tentunya hal ini terjadi diluar konrol perusahaan. namun perusahaan harus mampu beradaptasi dengan keadaan tersebut. 

Dengan demikian lingkungan berperan sangat penting dalam mengelola sebuah bisnis. jika lingkungan bisnis kita bernilai positif maka perusahaan akan terbawa dalam pengaruh yang positif pula. Maka Pahamilah lingkungan bisnis demi kelangsungan pertumbuhan, perkembangan, dan produktivitas bisnis yang sedang kita jalani. 


Demikian lah yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat, bagi teman teman dalam mengembangkan bisnisnya. 


See youu..

Wassalamualaikum..


#Institut STIAMI #ModelBisnis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ERA TUNA & ERA VUCA.

PERLUKAH UMKM MEMBUAT MODEL BISNIS?