APA ITU EDITORIAL PLAN?

 



Assalamualaikum Teman-Teman Bloggerr...

Bagaimana Kabranya hari ini? Semoga Sehat Selalu Yaaaa.... 

Kembali lagi di Blog Saya, Yang Kali ini akan membahasa tentang Editorial Plan.

Harapannya di blog kali ini semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman pembaca dan apabila ada salah kata mohon dimaafkan yaaa hihihi....


APA ITU EDITORIAL PLAN?

Editorial Plan merupakan seluruh cakupan rencaa eksekusi dan pengembangan konten, seperti jenis konten, topik konten, dan gaya bahasa konten serta platform yang akan digunakan hingga waktu publikasinya agar campaign activity dapat berjalan selaras dengan strategi bisnis yang kita susun dan dapat mencapai target yang diinginkan.

Langkah-Langkah Membuat Editorial Plan

1. Menentukan Tujuan Konten

kita harus memiliki tujuan untuk setiap konten yang kita buat, agar lebih terarah. Kategorikan konten mana ynag tujuannya untuk growth audiens dan mana tujuan yang untuk membangun hubungan dengan konsumen. serta mana tujuan yang cenderung untuk hard selling. ini merupakan cara paling umum untuk mmebedakan fungsi konten yang satu dengan yang lainnya.

2. Riset Topik dan Tentukan Jumlah Pembuatan Konten

Kita cari tahu tren konten dna tren topik terkini, lalu kita sesuaikan dengan kebutuhan brand dan target audiens kita. Kemudian Riset kembali total konten ideal yang perlu diunggah dalam sebulan. Jumlah konten ini nantinya akan terus menyesuaikan kebutuhan. 

3. Menentukan Jenis Konten.

Hindari mengunggah jenis konten yang sama secara terus-menerus (lebih dari 1 atau 2 tahun) terutama di media sosial. Variasikan contentmarketing , buat konten dalam bentuk video, infografis, carousel, reels, podcast dan sebagainya. Hal ini penting untuk mencegah rasa jenuh audiens Anda sekaligus menyesuaikan tren konten terkini dan menguji jenis konten mana yang paling menguntungkan brand kita. 

4. Membuat Jadwal Posting

Ini dia salah satu fungsi utama dari editorial plan, kita mampu mengunggah dan mempublikasikan konten secara teratur. Setiap hari apa, pukul berapa, konten yang mana, semuanya dapat terjadwal dengan baik.

MENGAPA EDITORIAL PLAN ITU PENTING? 

Kita membutuhkan editorial plan atau perencanaan konten agar pemasaran konten kita dapat terkonsep dan terjadwal dengan baik sehingga dapat semkain dekat dengan tujuan bisnis kita.

Berikut beberapa manfaat yang kita dapatkan ketika menggunakan editorial plan :


1. Dapat membuat dan mengedit berbagai jenis konten berdasarkan jadwal yang telah kita buat dalam kalender.

2. Dengan adanya kalender Editorial, kita dapat menghadirkan konten secara rutin dengan tema dan topik yang berbeda-beda.

3. Dapat membantu dalam mengatur pemasaran konten, kalender editorial menjaga usaha kita untuk tetap bergerak ke arah yang benar sesuai visi dan misi usaha kita.

4. Dapat mengontrol distribusi konten di berbagai bentuk media publikasi dan mempermudah dalam menganalisis perkembangannya.

5. Dapat memantau traffic hingga jumlah klik setiap artikel untuk sesuaikan kembali dengan kalender editorial selanjutnya. hal ini juga akan mempermudah ketika menyusun laporan performance dari konten bisnis setiap bulannya. 


PENERAPAN EDITORIAL PLAN DALAM BISNIS D'JAMU MBOK TUM.



Sekian pemaparan yang saya berikan. pemaparan ini guna untuk memenuhi tugas kuliah pada mata kuliah Entrepreneurship atau Kewirausahaan , di institut STIAMI
mohon maaaf apabila ada salah kata. SEKIAN DAN TERIMAKASIH...
SEE YOU..
WASSALAMUALAIKUM...









Komentar

Postingan populer dari blog ini

ERA TUNA & ERA VUCA.

PERAN LINGKUNGAN DALAM MENGELOLA SUATU BISNIS

PERLUKAH UMKM MEMBUAT MODEL BISNIS?